Makna 4 Sehat 5 Sempurna

4 sehat 5 sempurna. siapa yang tak mengenal istilah 4 sehat 5 sempurna? yap merupakan salah satu konsep makanan sehat yang dikeluarkan oleh pemerintah indonesia pada tahun 1955 ini sering kita pelajari pada bangku sekolah dasar.

Dengan konsep ini pemerintah berharap bahwa masyarakat indonesia dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur-sayuran, buah-buahan dan disempurnakan dengan susu.

Namun tak jarang banyak masyarakat indonesia salah mengartikan 4 sehat 5 sempurna ini. dengan menkonsumsi semua makanan yang dianjurkan secara berlebih atau pun tidak sama sekali.
Makna 4 Sehat 5 Sempurna
4 Sehat 5 Sempurna
Berikut makna dari 4 sehat 5 sempurna :
  1. Makanan pokok merupakan makanan yang mengandung banyak karbohidrat, dimana karbohidrat ini berfungsi sebagai sumber energi manusia untuk melakukan sega aktifitas. contoh makanan pokok yanh biasa dikonsumsi orang indonesia adalah nasi berbeda dengan orang-orang eropa yang sumber karbohidrtanya adalah roti
  2. Lauk pauk merupakan salah satu sumber protein yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, sumber protein ini berfungsi untuk membentuk jaringan tubuh yang rusak dan menjaga keseimbangan asam basa. sumber protein ini biasanya didapat dari makanan seperti ikan, tempe, tahu dan banyak lagi.
  3. Sayur mayur merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral. sayu mayur ini berfungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur dalam tubuh manusia. biasanya sayuran yang banyak mengandung vitamin dan mineral dapat ditemui dipasar atau supermarket terdekat seperti bayam, kangkung, kacang panjang dan sebagainya.
  4. Buah-buahan hampir sama dengan sayur mayur buah merupakan salah satu sumber vitami dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. contoh buah yang banyak mengandung vitamin dan sumber mineral apel, markisa, manggis dan sebagainya.
  5. Susu merupakan salah satu sumber nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, diantaranya kalsium, vitamin A, vitamin D. susu ini sebagai pelengkap dan apabila tidak ada dalam menu makanan bukan merupakan suatu hal yang serius. 
4 sehat 5 sempurna ini merupakan salah satu program yang harus dimengerti oleh masyarakat indonesia, dengan mengerti masyarakat indonesia dapat memnuhi kebutuhan asupan yang seharusnya.

0 Comments

Post a Comment