Mengeal Hikikomori

Jepang merupakan negara maju dalam berbagai bidang tak hanya itu warga jepang terkenal dengan kedisiplinan yang tinggi. namun apakah kalian tau tentang Hikikomori?

Hikikomori yang mempunyai arti harfiah menarik diri, mengurung diri adalah istilah Jepang untuk fenomena di kalangan remaja atau dewasa muda di Jepang yang menarik diri dan mengurung diri dari kehidupan sosial.

Hikikomori memang salah satu masalah bagi Jepang, setelah lebih dari satu dekade sebelumya menikmati kemajuan ekonomi yang luar biasa. diketahui pada tahun 2005 bahwa lebih dari 1,6 juta orang dijepang menjadi penduduk Hikikomori dan penduduk semi-Hikikomori (orang jarang keluar rumah) jika dijumlahkan berjumlah lebih dari 3 juta orang.
Hikikomori
Kebanyakan para Hikikomori ini lebih sering terjadi pada laki-laki dibandingkan dengan perempuan. kebanyakan Hikikomori ini berasal dari golongan berusia 20-29 tahun.

Apa yang mereka lakukan? tentu saja hanya diam dikamar dan bergulat dengan dunia maya, menonton anime, baca manga, bahkan terkadang aktivitas makan dan buang air kecil dilakukan dikamar. Walau tidak punya kamar mandi mereka akan menampunya di plastik atau botol.

Walau para hikikomori tidak memiliki teman di dunia nyata namun mereka memiliki jaringan para hikikomori didunia maya. Apa kegiatannya? tentu saja berbagi informasi tentang game yang baru, berbagi anime baru, tentang artis cantik yang menjadi idola remaja dan uniknya mereka berinteraksi tanpa pernah bertemu satu sama lain.

Mungkin Fenomena ini belum banyak beredar di Indonesia, namun kita perlu mewaspadainya. Menjalin interaksi yang baik dengan keluarga juga merupakan usaha pencegahan, keterbukaan satu sama lain serta support merupakan hal yang tepat unutk mencegah fenomena ini.

0 Comments

Post a Comment