Berbagi Macam Informasi Menarik & Unik

Breaking

Tuesday, 14 April 2015

BEBERAPA CARA MEMAKAI SUMPIT YANG BENAR


Orang Jepang memiliki aturan-aturan yang ketat dalam menggunakan sumpit ( Ohashi ). Meski di indonesia mungkin ini menjadi hal yang tidak penting namun Jika kamu makan dengan orang Jepang, mereka akan mengerti bahwa kamu tidak mengetahui etika dan aturan ala Jepang. 

Mereka mungkin akan memaafkan jika kamu melakukan beberapa kecerobohan kecil. Makan dengan sumpit adalah seni dan bahkan Jepang sendiri sering berjuang untuk bisa menggunakan sumpit dengan sempurna. Ada beberapa aturan utama yang harus diikuti dalam menggunakan sumpit, diantaranya adalah:

1. Memegang Sumpit Dengan Benar 
Lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Ini adalah bagian yang benar-benar membutuhkan waktu yang lama untuk dapat menguasainya. Perhatikan bagaimana orang lain dapat melakukannya dan berlatih dengan sabar. Jika kamu benar-benar ingin belajar Anda harus berlatih sebanyak mungkin. 


2. Gunaka Alas Sumpit
Banyak restoran Jepang yang memberikan alas sumpit pada makanan yang anda pesan. Kalau anda sedang tidak menggunakannya, taruh sumpit pada alas sumpit. Dan sumpit tidak boleh ditancapkan di nasi karena hal ini menyerupai upacara yang dilakukan di pemakaman di Jepang.


3. Jangan Menusuk Makanan Dengan Sumpit 
Jangan menggunakan sumpit untuk menusuk makanan yang akan kita makan. Hal ini sering dianggap serakah (sashi bashi).


4. Janga Langsung Makan Dari Alas Lauk  
Ketika kita makan dengan gaya orang Jepang, maka di tengah-tengah meja akan ada piring bersama yang berisi macam-macam lauk pauk. Hal yang perlu dihindari adalah Jangan mengambil lauk kemudian langsung memasukkannya ke mulut, tapi setelah mengambil lauk di piring bersama, letakkan dulu di atas piringmu, baru boleh dimakan.


5. Sumpit Bukan Mainan
Jangan menunjuk dengan sumpit ketika anda berbicara atau memegang sumpit untuk waktu yang lama tanpa makan. Jangan pernah menggosok sumpit bersama-sama berulang-ulang karena itu merupakan tanda bahwa kamu berpikir sumpit itu murah.

No comments:

Post a Comment