7 Jalan Terpanjang di Dunia

7 Jalan Terpanjang di Dunia - Jalan adalah sebuah landasan yang digunakan untuk transportasi, baik itu bagi orang, kendaraan bermotor, atau hewan ternak. Jalan biasanya terbuat dari bahan-bahan seperti aspal, beton, atau batu, yang dibuat agar mudah dilewati dan tidak mudah rusak. Jalan dapat juga berupa jalur kereta api, jalur pesawat terbang, atau jalur laut yang digunakan untuk transportasi.
 
Jalan dapat dibedakan menjadi berbagai jenis, tergantung pada fungsinya, seperti jalan raya, jalan tol, jalan protokol, jalan kampung, dan lain-lain. Jalan raya adalah jalan yang umumnya digunakan untuk transportasi lintas wilayah, sedangkan jalan tol adalah jalan yang menghubungkan kota-kota besar dan membutuhkan biaya untuk dilewati. Jalan protokol adalah jalan yang biasanya digunakan untuk keperluan resmi, sedangkan jalan kampung adalah jalan yang terletak di daerah pedesaan dan biasanya hanya digunakan oleh penduduk setempat.


Jalan juga dapat dibedakan menjadi berbagai tingkatan, seperti jalan nasional, jalan propinsi, dan jalan kabupaten. Jalan nasional adalah jalan yang terhubung ke seluruh wilayah di Indonesia, sedangkan jalan propinsi adalah jalan yang menghubungkan kota-kota di propinsi yang sama, dan jalan kabupaten adalah jalan yang menghubungkan kota-kota di kabupaten yang sama.

Berikut 7 Jalan Terpanjang di Dunia

1. Highway 1 Australia 23.000 kilometer
Highway 1 Australia

Adalah Sebuah jalan nasional yang melintasi seluruh Australia dari Sydney di timur laut ke Perth di barat daya. Jalan ini memiliki panjang lebih dari 14.500 mil atau 23.000 kilometer dan merupakan jalan terpanjang di dunia. Highway 1 juga merupakan bagian dari Highway 1 yang lebih luas, sebuah jaringan jalan nasional yang terdapat di seluruh Australia. Jalan ini melintasi daerah-daerah yang terpencil dan beragam, termasuk padang pasir, hutan, pegunungan, dan pantai, dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjelajahi keindahan alam Australia. Highway 1 juga merupakan rute utama untuk transportasi barang dan orang di Australia dan terhubung ke banyak kota-kota besar di negara ini.

2. Trans-Siberian Highway Rusia 17.700 kilometer

Trans-Siberian Highway

Adalah sebuah jaringan jalan nasional di Rusia yang terdiri dari beberapa jalan utama yang terhubung secara terus-menerus dan melintasi seluruh wilayah Rusia dari barat ke timur. Jalan ini memiliki panjang lebih dari 11.000 mil atau 17.700 kilometer dan merupakan jalan terpanjang kedua di dunia setelah Highway 1 di Australia. Trans-Siberian Highway melintasi daerah-daerah yang sangat luas dan beragam, termasuk hutan, pegunungan, dan padang pasir, dan merupakan rute utama untuk transportasi barang dan orang di Rusia. Jalan ini juga menghubungkan beberapa kota-kota besar di Rusia, seperti Moskow, Novosibirsk, dan Vladivostok.

3. Trans-Siberian Highway Siberia 11.000 kilometer

Trans-Siberian Highway

Adalah sebuah jaringan jalan nasional di Siberia, sebuah wilayah di Rusia yang terletak di bagian timur dari negara tersebut. Jalan ini terdiri dari beberapa jalan utama yang terhubung secara terus-menerus dan melintasi wilayah Siberia dari barat ke timur. Jalan ini memiliki panjang lebih dari 6.800 mil atau 11.000 kilometer dan merupakan jalan terpanjang ketiga di dunia setelah Highway 1 di Australia dan Trans-Siberian Highway di Rusia. Trans-Siberian Highway Siberia melintasi daerah-daerah yang sangat luas dan beragam, termasuk hutan, pegunungan, dan padang pasir, dan merupakan rute utama untuk transportasi barang dan orang di Siberia. Jalan ini juga menghubungkan beberapa kota-kota besar di Siberia, seperti Krasnoyarsk, Irkutsk, dan Chita.

4. Rute 20 AS 5.400 kilometer

Rute 20

Adalah jalan raya timur-barat utama di Amerika Serikat yang membentang dari wilayah Boston, Massachusetts, melalui negara bagian Massachusetts, New York, Pennsylvania, Ohio, Indiana, Illinois, Iowa, Nebraska, Wyoming, Montana, Idaho, dan Oregon, ke Samudera Pasifik di Newport, Oregon. Ini adalah jalan terpanjang di Amerika Serikat, membentang lebih dari 3.365 mil (5.415 kilometer) dari pantai ke pantai. Rute 20 AS adalah koridor transportasi penting untuk truk komersial dan berfungsi sebagai rute populer bagi wisatawan dan pelancong. Sepanjang rutenya, Rute 20 AS melewati banyak kota besar dan kecil, termasuk Buffalo, New York; Cleveland, Ohio; Chicago, Illinois; dan Portland, Oregon. Itu juga dikenal sebagai "The Old Spanish Trail" di Wyoming, Montana, dan Idaho.

5. Highway 17 Kanada 4.422 kilometer

Highway 17

Adalah sebuah koridor transportasi utama di Kanada yang menjalani dari perbatasan Ontario-Minnesota dekat kota Rainy River, melalui provinsi Ontario dan Manitoba, hingga perbatasan Manitoba-Saskatchewan dekat kota Virden. Ini merupakan tautan penting bagi masyarakat dan bisnis di sepanjang rutanya, yang menghubungkan kota-kota besar seperti Thunder Bay, Winnipeg, dan Saskatoon. Di Ontario, Highway 17 merupakan bagian dari sistem Trans-Canada Highway dan dikenal sebagai Trans-Canada Highway West. Ini adalah jalan dua lajur tanpa pembatas untuk sebagian besar panjangnya, dengan beberapa bagian yang diupgrade menjadi empat lajur. Di Manitoba, Highway 17 adalah jalan empat lajur dengan pembatas. Ini merupakan rute penting untuk angkutan truk komersial dan lalu lintas wisatawan, dan juga berfungsi sebagai rute darurat penting selama bencana alam.

6. Highway 60 AS 4.166 kilometer

Highway 60

Adalah jalan utama timur-barat di Amerika Serikat yang melintasi beberapa negara bagian di Midwest dan Selatan. Dimulai di perbatasan Arkansas-Missouri dekat kota Leachville, Arkansas, dan melewati Missouri, Illinois, Kentucky, Tennessee, Mississippi, dan Alabama sebelum berakhir di perbatasan Florida-Alabama dekat kota Brewton, Alabama. Sepanjang rutenya, Highway 60 melewati banyak kota besar dan kecil, termasuk Jonesboro, Arkansas; Tanjung Girardeau, Missouri; Louisville, Kentucky; Nashville, Tennessee; dan Birmingham, Alabama. Highway 60 koridor transportasi penting untuk truk komersial, serta rute populer bagi wisatawan dan pelancong. Highway 60 juga dikenal sebagai Great River Road untuk sebagian besar panjangnya, karena mengikuti jalur Sungai Mississippi.

7. Highway 40 AS 4.115 kilometer

Highway 40

Juga dikenal sebagai Dwight D. Eisenhower Highway, adalah jalan utama timur-barat di Amerika Serikat yang membentang dari perbatasan California-Nevada dekat kota Danau Topaz, melalui negara bagian Nevada, Utah, Colorado, Kansas , Missouri, Illinois, Indiana, Ohio, Pennsylvania, dan New Jersey, ke perbatasan New Jersey-New York dekat kota Teaneck, New Jersey. Highway 40 koridor transportasi utama untuk truk komersial dan juga berfungsi sebagai rute penting bagi wisatawan dan pelancong. Sepanjang rutenya, Highway 40 melewati banyak kota besar dan kecil, termasuk Salt Lake City, Utah; Denver, Colorado; Chicago, Illinois; dan Philadelphia, Pennsylvania. Itu dinamai mantan Presiden AS Dwight D. Eisenhower, yang mengawasi pembangunan sistem jalan raya nasional selama masa kepresidenannya.

Baca Juga : 

0 Comments

Post a Comment