5 Palung Terdalam di Dunia

Palung merupakan dasar laut yang sangat dalam lembahnya memanjang dan tepinya sangat curam. Dibelahan dunia ini ada banyak palung yang mempunyai kedalaman yang mungkin tak masuk diakal. seperti beberapa palung yang akan kita bahasa kali. 

Berikut 5 palung terdalam didunia.

1. Palung Mariana

Yap palung mariana meurpakan palung paling dalam yang dapat diklain hingga saat ini. Palung Mariana ini terletak di Samudara Pasifik, disebelah timur Kepulauan Mariana dekat dengan negara Jepang. 

Palung mariana ini memiliki kedalaman dibawah permukaan laut bahkan jika dibandingakan dengan gunung tertinggi didunia, palung mariana tetap menjadi yang terdalam.

2. Laut Puerto Rico

Laut Puerto Rico terletak di perbatasan Laut Karibia dengan Samudara Atlantik. mempunyai kedalaman kurang lebih 8.376 meter dibawah permukaan laut.

Berdasarkan pada studi imliah yang dilakukan, apabila terjadi gempa bumi disepanjang zona patahan ini, dapat mengakibatkan tsunami yang besar dan berdampak signifikan. Para peneliti juga mencari tahu tentang mahluk yang hidup di palung puerto rico ini.

3. Laut Jawa

Semua orang mengetahui bahwa indonesia merupakan salah satu negara dengan lautan terluas didunia. Maka tak heran jika indonesia mempunyai laut terdalam didunia yaitu laut jawa.

Laut ini dikenal dengan Sunda Double Trench, yang terletak dibagian timur laut samudra hindia. Laut jawa ini mempunyai luas hingga 7.725 meter dengan ukuran cekungannya 2.600 kilometer. 

4. Palung Tonga

Palung Tonga terletak di sebelah barat datya wilayah samudra pasifik dan merupakan parit terdalam dibagian bumi selatan dengan panjang kurang lebih 1.375 kilometer yang membentuk batas timur pungguh buki tonga.

Palung Tonga ini mempunyai kedalam dengan rata-rata 6.000 meter atau setara 20.000 kaki dan lebarnya kurang lebih 80 kilometer. Dibagian terdalam dari palung ini memiliki istilah yang disebut sebagai Deep Horizon atau lubang dengan kedalaman masksimumnya mencapai 10.882 meter dibawah permukaan air laut.

Baca Juga : Manfaat Dari Ekstrak Kulit Manggis 

5. Palung Mindanao

Palung Mindanao merupakan sebuah parit dibawah laut bagian timur Filipina dan disebelah barat Samudara Pasifik. Palung Mindanao ini memiliki panjang 1.320 kilometer dengan lebarnya kurang lebih 30 kilometer. Palung ini membentang mulai dari pusat Luzon di Filipina sampai ke pulau Halmahera di maluku utara.

0 Comments

Post a Comment