7 Jembatan Tol Terpanjang di Indonesia

Jembatan adalah struktur fisik yang dibangun di atas atau di antara dua tempat yang terpisah dengan tujuan untuk menghubungkan kedua tempat tersebut. Jembatan dapat dibangun di atas laut, sungai, danau, lembah, atau jalan raya untuk menghubungkan dua sisi yang terpisah. 

Jembatan dapat dibangun dari berbagai macam material, seperti kayu, beton, baja, atau kombinasi dari ketiganya. Jembatan memiliki berbagai macam fungsi, seperti memudahkan lalu lintas, mengurangi waktu perjalanan, dan meningkatkan aksesibilitas antar daerah.

Berikut Adalah 7 Jembatan Terpanjang di Indonesia

1. Jembatan Suramadu di Propinsi Jawa Timur 

Jembatan Suramadu di Propinsi Jawa Timur
Merupakan jembatan terpanjang di Indonesia dengan panjang 5.4 km. Jembatan ini menghubungkan kota Surabaya di Jawa Timur dengan Madura di Propinsi Jawa Timur.

2. Jembatan Cipali di Propinsi Jawa Barat 

Jembatan Cipali di Propinsi Jawa Barat

Merupakan jembatan terpanjang kedua di Indonesia dengan panjang 4.9 km. Jembatan ini menghubungkan Kota Cirebon di Jawa Barat dengan Kota Sukabumi di Jawa Barat.

3. Jembatan Tol Jagorawi di Propinsi Jawa Barat 

Jembatan Tol Jagorawi di Propinsi Jawa Barat

Merupakan jembatan terpanjang ketiga di Indonesia dengan panjang 4.8 km. Jembatan ini menghubungkan Kota Jakarta dengan Kota Bogor di Jawa Barat.

4. Jembatan Tol Cikampek-Palimanan di Propinsi Jawa Barat 

Jembatan Tol Cikampek-Palimanan di Propinsi Jawa Barat

Merupakan jembatan terpanjang keempat di Indonesia dengan panjang 4.5 km. Jembatan ini menghubungkan Kota Cikampek di Jawa Barat dengan Kota Palimanan di Jawa Barat.

5. Jembatan Tol Surabaya-Gresik di Propinsi Jawa Timur 

Jembatan Tol Surabaya-Gresik di Propinsi Jawa Timur

Merupakan jembatan terpanjang kelima di Indonesia dengan panjang 4.2 km. Jembatan ini menghubungkan Kota Surabaya di Jawa Timur dengan Kota Gresik di Jawa Timur.

6. Jembatan Tol Bali Mandara di Propinsi Bali 

Jembatan Tol Bali Mandara di Propinsi Bali

Merupakan jembatan terpanjang keenam di Indonesia dengan panjang 3.7 km. Jembatan ini menghubungkan Pulau Bali dengan Pulau Nusa Penida di Propinsi Bali.

7. Jembatan Tol Merak-Bakauheni di Propinsi Lampung 

Jembatan Tol Merak-Bakauheni di Propinsi Lampung

Merupakan jembatan terpanjang ketujuh di Indonesia dengan panjang 3.5 km. Jembatan ini menghubungkan Kota Merak di Propinsi Banten dengan Kota Bakauheni di Propinsi Lampung.

Baca Juga : 

0 Comments

Post a Comment