7 Obat Batuk Untuk Ibu Hamil

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

7 Obat Batuk Untuk Ibu Hamil - Batuk bukanlah suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh pada saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi pada tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk. Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat saraf ke pusat batuk di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.

Batuk dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu batuk akut dan batuk kronis, keduanya dikelompokkan berdasarkan waktu. Batuk akut merupakan batuk yang berlangsung kurang dari 14 hari, serta dalam 1 episode. Bila batuk sudah lebih dari 14 hari atau terjadi dalam 3 episode selama 3 bulan berturut-turut, disebut batuk kronis atau batuk kronis berulang. Batuk kronis berulang yang sering menyerang anak-anak adalah karena asma, tuberkolosis (TB), dan pertusis (batuk rejan/batuk 100 hari). Pertusis adalah batuk kronis yang disebabkan oleh kuman Bordetella pertussis. Pertussis dapat dicegah dengan imunisasi DPT.

Berikut 7 Obat Batuk Untuk Ibu Hamil : 

1. Jahe

Jahe adalah tanaman yang baik untuk kesehatan? Salah satu khasiatnya adalah untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Untuk digunakan sebagai obat batuk alami untuk ibu hamil bisa dengan cara merebus dua ruas jahe kupas sampai mendidih dan air berkurang setengahnya. Konsumsi air rebusan tersebut sebanyak tiga kali sehari sampai batuk sembuh. Bisa juga dengan memasukkan potongan jahe ke dalam teh hangat untuk memberikan rasa hangat pada tenggorokan yang meradang.

2. Bawang Putih

Bawang putih mampu menangkal bakteri? Bawang putih memiliki sifat anti bakteri yang baik untuk kesehatan Ibu dan janin. Ibu bisa memasak bawang putih dalam setiap tumisan dan olahan masakan, atau jika Ibu terbiasa memakannya mentah juga diperbolehkan.

3. Parasetamol

Menggunakan asetaminofen (parasetamol) dapat membantu dalam jangka pendek untuk mengurangi sakit kepala dan tubuh serta meredakan demam. Asetaminofen dapat diminum dengan aman dua kali sehari untuk sakit tenggorokan dan sakit kepala karena pilek dan batuk.

4. Ekspektoran 

Obat batuk yang dapat menghancurkan atau mencairkan dahak ketika batuk ini aman untuk ibu hamil. Obat batuk untuk ibu hamil ini termasuk ke dalam golongan ekspektoran yakni guaifenesin dan bromhexine.

5. Apricot

Apricot Obat Batuk Anak, Ibu Hamil Menyusui, dan Dewasa 100 ml 1 Botol Kaca (batuk berdahak dan batuk kering). Aman untuk ibu menyusui dan ibu hamil dan tidak disarankan untuk anak-anak di bawah 5 tahun. Dapat membantu meredakan batuk, tidak ada efek samping mengantuk. Dengan bahan herbal alami pilihan, Buah Apricot menjadi andalan dalam bahan dasar obat batuk yang dapat menyembuhkan batuk pada anak maupun orang dewasa.

6. Nin Jiom Pei Pa Koa

Merupakan obat tradisonal herbal alami yang biasa digunakan untuk melegakan tenggorokan, batuk, batuk berdahak, dan suara hilang. Obat ini bekerja dengan melapisi tenggorokan sehingga menyejukan, mengurangi sakit tenggorokan dan meredakan peradangan. Obat ini juga bekerja dengan mengurangi dan membuang dahak, sangat efektif mengobati batuk berdahak. 

7. Codeine

Codeine aman dikonsumsi oleh Ibu hamil selama memperhatikan aturan pemakaian dan sesuai dengan resep dokter. Obat batuk untuk ibu hamil ini tersedia dalam sediaan tablet 10, 15, dan 20 gram. Codeine dapat digunakan untuk meredakan gejala batuk ringan hingga sedang. Apabila Ibu masih batuk setelah tiga hari konsumsi codeine, maka Ibu dapat berkonsultasi ke dokter.

Baca Juga : Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh


0 Response to "7 Obat Batuk Untuk Ibu Hamil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel