7 Fakta Negara Korea Yang Jarang Kamu Ketahui

Republik Korea atau lebih dikenal sebagai Korea Selatan, adalah sebuah negara di Asia Timur yang meliputi bagian selatan Semenanjung Korea. Di sebelah utara, Korea Selatan berbatasan dengan Korea Utara, di mana keduanya bersatu sebagai sebuah negara hingga tahun 1948. Laut Kuning di sebelah barat, Jepang berada di seberang Laut Jepang dan Selat Korea berada di bagian tenggara. Negara ini dikenal dengan nama Han-guk. Oleh penduduk Korea Selatan dan disebut Nam Cho-sŏn oleh orang Korea Utara. Ibu kota Korea Selatan adalah Seoul.

Penemuan arkeologis menunjukkan bahwa Semenanjung Korea telah dihuni sejak Zaman Paleolitik Awal. Sejarah Korea dimulai dari pembentukan Gojoseon pada 2333 SM, oleh Dan-gun. Setelah unifikasi Tiga Kerajaan Korea di bawah Silla pada 668 M, Korea menjadi satu di bawah Dinasti Goryeo dan Dinasti Joseon hingga akhir Kekaisaran Han Raya pada 1910 karena dianeksasi oleh Jepang. Setelah liberalisasi dan pendudukan oleh Uni Soviet dan Amerika Serikat pada akhir Perang Dunia II, wilayah Korea akhirnya dibagi menjadi dua.

Nah menarik bukan mengulas sedikit tentang sejarah negara korea selatan ini? Namun bagaimana ya fatkta tentang negara korea yang mungkin belum kita ketahui. Mari kitabahas bersama.

Fakta-Fakta Negara Korea Yang Jarang Kamu Ketahui :

1. Standar Kecantikan Tidak Realistis

Korea Selatan dikenal dengan standar kecantikan yang tidak realistis. Seseorang dikatakan sempurna bila memiliki tubuh langsing, wajah kecil, rahang berbentuk v, kulit pulit pucat, alis lurus, kulit mulus, dan mata yang lebih besar. Hal ini digambarkan dalam drama Korea My ID is Gangnam Beauty, di mana karakter utama di-bully karena penampilannya. Ia memutuskan untuk melakukan operasi plastik demi membuka lembaran baru, namun mendapat julukan karena hasil oplas terlihat.

2. Operasi Plastik Sangat Populer

Menurut survei sosiologis, satu dari lima wanita di Korea Selatan telah menjalani operasi plastik. Ya, operasi plastik sudah dianggap biasa di Korea Selatan. Terkadang orangtua sering membiayai anaknya sebagai hadiah kelulusan. Operasi yang paling populer adalah memutihkan kulit, menghilangkan tanda lahir dan mengubah bentuk mata. Tak hanya wanita, pria juga kerap kali melakukan operasi ini.

3. Orang Korea Satu Tahun Lebih Tua Saat Lahir

Anda mungkin pernah mendengar gagasan bahwa orang Korea Selatan akan selalu lebih tua dari orang lain, karena mereka menganggap diri mereka berusia satu tahun saat mereka keluar dari rahim. Orang Korea Selatan merayakan ulang tahun mereka pada tanggal mereka dilahirkan sama seperti orang lain, tetapi usia mereka tidak akan berubah sampai tahun baru, yaitu setiap tanggal 1 Januari. Jika ingin mengetahui usia Korea Anda, hanya perlu mengurangi tahun lahir Anda dari tahun sekarang, lalu tambahkan dengan 1.

4. Memiliki Sistem Pendidikan Yang Maju

Korea terus-menerus menempati peringkat terbaik dunia dalam hal sistem pendidikan dan pengetahuan siswa seperti yang ditunjukkan oleh studi seperti PISA dan World Top 20 Poll. Tapi tidak hanya itu, dari semua Negara OECD, Korea Selatan adalah negara dengan pencapaian universitas tersier tertinggi untuk orang antara 25 dan 34 tahun: 68% orang Korea telah lulus dari universitas atau lembaga pendidikan sejenis.

5. Budaya Minum Terbesar di Asia

Jika Anda belum pernah mendengar tentang fakta unik Korea Selatan ini, inilah faktanya: Orang Korea sangat menyukai minumanalkohol. Mereka mengalahakan negara Asia lain dalam hal minum-minum. Berdasarkan studi tahun 2017 yang dilakukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia, warga Korea Selatan yang berusia di atas 15 tahun meminum rata-rata 10,9 liter alkohol dalam setahun. Mereka merayakan hampir setiap liburan dengan soju, minuman beras fermentasi lokal dengan kandungan alkohol 19%.

6. Semua Orang Menggunakan Kosmetik

Wanita Korea Selatan selalu merawat kulit dan rambut mereka dengan sangat baik. Daripada harus pergi ke salon tiap hari, mereka lebih memilih menggunakan sejumlah produk kosmetik. Mereka juga hampir tidak pernah keluar rumah tanpa makeup. Mereka memang benar-benar menjaga penampilan mereka. Oleh karean itu kosmetik Korea sangatlah populer di seluruh dunia.

7. Hanya Memakai Internet Explorer

Ya, bukan hanya sebagian orang saja yang menggunakan Internet Explorer tapi semua orang. Mereka tidak tertarik dengan browser lainnya, bahkan ada yang tidak tahu. Situs Korea Selatan memang dirancang hanya untuk Internet Explorer, jika kamu menggunakan browser yang berbeda pasti tidak akan berfungsi dengan benar. Mereka juga memiliki mesin pencari sendiri seperti Google yaitu www.naver.com.

0 Comments

Post a Comment