Danau Terbesar di Dunia

Danau merupakan salah satu kekayaan alam dunia  yang mempunyai pemandangan yang sangat luar biasa indahnya. Bukan hanya menyimpak keindahan, danau juga menjadi tempat yang cocok untuk menennangkan diri karna suasana yang menenangkan oleh karna keindahannya.

Ada banyak ratusan danau diseluruh dunia yang mengklain sebagai danau terbesar berdasarkan volume, luas permukaan, atau sejumlah besar kualifikasi dan lainnya.

1. Danau Kaspia

Yang pertama adalah danau kaspia diamana danau ini diperdebatkan apakah itu laut atau danau karena memiliki kedua badan air. Danau ini dikenal sebagai laut karna ukurannya yang amat besar, memiliki air yang rasanya asin dan ombaknya yang besar.

Danau kaspia memiliki luas kurang lebih 394.229 km dengan panjang 1.119 km. Dikutip dari touropia, danau kaspia terletak diantara benua eropa dan asia. Laut pedalaman ini berbatasan dengan rusia, kazakhstan, azerbaijan dan turkmenistan. Menariknya, danau ini pernah menjadi bagian dari laut paratethys kuno.

Danau kaspia juga terkenal dengan kekayaan energinya yang melimpah yaitu dengan ditemukannya ladang minyak dan pasokan gas alam yang sangat besar.

2. Danau Superio

Danau Superio merupakan danau terbesar kedua didunia. Danau ini terletak di provinsai ontario kanada dan negara bagian michigan, minnesota dan wisconsin. Danau ini memiliki luar permukanan sekitar 82.100 km persegi dengan ketinggian 183 meter diatas permukaan laut.

Banyak hal yang dapat kita lihat disekitar danau ini, seperti air terjun kakebeka yang mempunyai tinggi hingga 40 meter, kemudian great lakes aquarium, the beautiful presque isle park and the picturesque apostle islands national lakeshore.

Danau superior telah berusia 10.000 tahun lebih dan menjadi rumah bagi berbagai macam anggrek, dan disetiap musim gugur kalian dapat melihat burung-burung bermigrasi yang tak terhitung jumlahnya.

3. Danau Victoria

Danau  Victoria merupakan pemengang rekor sebagai danau terbesar di Afrika, dengan luas permukaan 68.800 km persegi. Meski menjadi danau terbesar, namun danau ini memiliki kedalaman yang dangkal, dengan kedalam maksimal 84 meter dan kedalaman rata-rata 20 meter.

Danau ini terkenal juga dengan satwa liarnya yang luar biasa, terutama ikan cichild yang sekarang menjadi endemik, serta spesies langka lainnya seperti deepwater catfish dan xenobarbus loveridgei. Selain ikan ada banyak juga hewan yang hidup disekitarnya seperti kudanil, berang-berang, buaya dan lainnya.

Baca Juga : Manfaat Dari Olah Raga Zig Zag

4. Danau Horun

Danau Horun merupakan danau terbesar ke empat didunia. penamaan danau ini berasal dari penjelajah perancis yang menamai masyarakat lokal diwilayah tersebut dengan Huron. Danau ini memiliki luas persegi permukaan sekitar 59.600 km persegi.

kegiatan seperti perkebunan dan perikanan dapat dilakukan di danau ini, dimana banyak penebangan pohon dan kerap dijadikan sebagai tempat untuk memancing. Selain itu sektor pariwisata danau ini seolah tidak ingin ketinggalan dengan sektor lainnya.

0 Comments

Post a Comment