Tips Aman dan Nyaman Mudik Lebaran

 

Hari Raya Idul Fitri hanya tinggal menghitung hari, Umat islam diseluruh dunia menyambutnya dengan bahagian. Hari raya idul fitri ini sering juga dijadikan ajang untuk pulang kampung bagi warga indonesia. mungkin ini sudah menjadi salah satu tradisi yang terjadi pada setiap tahun.

Namun taukah kalian bawha mudik lebaran ini kadang menjadi hal yang kurang menyenangkan apabila dalam perjalanan mudik kita mengalami sebuah kejadian yang tak teduga hingga samapai menelan korban jiwa.


Oleh sebab itu persiapkan diri sebelum mudik dengan beberapa cara berikut :

1. Kondisi Fisik Pengendara
Jangan membawa kendaraan saat kondisi tubuh anda tidak fit/sehat. Sebaiknya berhenti terebih dahulu untuk beristirahat sebelum melewati jalan yang dirasa panjang. Pasalnya dalam perjalan ini anda sangat membutuhkan stamina yang fit dan konsentrasi yang tinggi.

2. Muatan yang Melebihi Kapasitas
Sebaiknya memperhatikan barang bawaan Anda, jangan sampai barang bawaan anda melebihi kapasitas kendaraan yang digunakan. Semakin banyak dan berat barang bawaan yang dibawa, maka semakin besar resiko kecelakaan yang bisa terjadi dalam perjalanan. Kondisi ban juga harus  menjadi perhatian ketika barang yang dibawa cukup banyak.

3. Itirahat Jika Mengantuk
Jika yang mengendarai sebuah mobil/atau motor sebaiknya perhatikan kondisi anda, jika mengantuk sebaiknya langsung mencari tempat untuk beristirahat dan lebih baik tidur telebih dahulu.

4. Pacu Kendaraan Anda Sesuai Dengan Rambu
Ini sering terjadi ketika sang penggendara melintasi jalan yang rawan, sebaiknya ikuti peraturan yang ada dan jangan melanggarnya.

5. Berteduh Ketika Hujan
Berhentilah ketika hujan turun, mengapa? jalannan ketika turun hujan akan menjadi licin ini merupakan salah satu penyebab kecelakaan pada saat mudik lebaran.

No comments:
Write komentar

DCMA