Pengertian RAM

Memori ( bentuk fisik ) adalah istilah generik yang mengarah pada media penyimpanan data sementara pada dekstop. Dimana setiap program maupun data yang sedang diproses oleh prosesor akan disimpan terlebih dahulu dalam memori fisik. Data yang disimpan dalam memori fisik ini bersifat sementara tidak seperti Hardisk yang bersifat permanen. Data yang disimpan di dalamnya akan tersimpan dimana komputer tersebut masih dialiri daya tau komputer masih dalam keadaan hidup. 

Ketika komputer dimatikan amaupun direset, data yang tersimpan dalam memori fisik akan hilang. Oleh karena itulah, sebelum mematikan atau merestart komputer, ada baiknya semua data dibackup terlebih dahulu ketika akan memindahkan data. Ini untuk mengindari data hilang.

Memori fisik pada umumnya diimplementasikan dengan bentuk Random Access Memory atau biasa disebut dengan RAM, dan yang bersifat dinamis ( DRAM ). Mengapa disebut Random Access?, karena akses terhadap lokasi di dalamnya dapat dilakukan secara acak ( random ), dan bukan secara berurutan  (sekuensial ). 

0 Comments

Post a Comment