Apa Itu Yakiniku?

 

Yakiniku adalah istilah bahasa Jepang untuk daging yang dipanggang atau dibakar di atas api. Dalam arti luas, yakiniku juga mencakup berbagai masakan daging sapi, babi, atau jeroan yang dipanggang, seperti bistik, panggang daging domba (jingisukan), dan barbeque.

Yakiniku
Yakiniku merupaka daging yang dipanggang di atas api dari arang atau gas dengan memakai kisi-kisi dari besi atau di atas plat dari besi. Potongan daging berbentuk segi empat sering ditusuk dengan tusukan dari logam sebelum dipanggang. Ketika makan di rumah makan yakiniku sesudah dipanggang, daging yang berukuran agak besar sering perlu dipotong dengan gunting di hadapan pengunjung.

Di rumah makan yakiniku, pengunjung memilih sendiri daging mentah yang diinginkan, satu persatu menurut jenis atau satu set daging diletakan dalam piring. Pengunjung rumah makan dipersilahkan untuk memanggang sendiri daging tersebut. Alat pemanggang daging yang berada di meja bisa berupa alat pemanggang daging dengan sumber api gas atau arang.

Sebelum dimakan, daging dicelup ke dalam saus yang disebut tare. Saus tare mempunyai 2 jenis yaitu niku tare ( saus berwijen ) dan soto tare ( saus tidak berwijen ). Sebelum dipanggang, daging yang telah dipilih dicelupkan ke dalam saus niku tare, yang terbuat dari campuran bahan-bahan seperti kecap asin, sake, gula, bawang putih, dan wijen. 

No comments:
Write komentar

DCMA