Berbagi Macam Informasi Menarik & Unik

Breaking

Tuesday, 26 August 2014

Ciri Khas Yang Unik Dari Orang Sunda

Indonesia merupakan negara yang kaya akan ragam suku kata dan bahasa, salah satu yang sering di bicarakan yaitu orang sunda. bahasa sunda merupakan bahasa asli dari daerah jawabarat terutama bandung dan sekitarnya. selain itu orang sunda memiliki beberapa keunikan yang mungkin benar adanya diantarnya nyaitu :

1. Orang Sunda Gak Bisa Ngomong "F"? 
Itulah yang selalu menjadi pertanyaan oleh orang-orang dari daerah lain, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, memang benar dalam tata bahasa sunda tidak ada kosa kata yang mengandung bunyi "F" namun orang Sunda yang mayoritas muslim, hampir semuanya sudah belajar iqra sejak kecil, tentunya akan terbiasa dengan huruf Arab yang tidak ngandung bunyi "P" melainkan hanya "F", jadi kami juga bisa ngomong "F", namun memang kadang-kadang dialek kami ketika berbicara bahasa sunda sering terbawa ketika kami berbicara Bahasa Indonesia sehingga yang terjadi adalah "Pitnah" bukan "Fitnah.
Ciri Khas Yang Unik Dari Orang Sunda
Ciri Khas Yang Unik Dari Orang Sunda
2. Orang Sunda Humoris. 
Siapa yang tidak kenal Sule, Oni (sos), Aming mereka merupakan beberapa pelawak asli Bandung yang sangat terkenal karena penampilannya di layar televisi indonesia. Kenyataanya sejak lama memang banyak sekali cerita-cerita Sunda yang lucu, contohnya Kabayan yang pemalas namun cerdik, ini mungkin karena sifat orang sunda yang humoris dan periang.

3. Orang Sunda Kreatif. 
Siapa dari kalian yang tidak mengenal T-Shirt Bandung, pasti sebagian besar dari kalian peranah jalan-jalan ke Bandung dan menemukan distro-distro yang bertebaran di banyak sudut-sudut kota, Bandung terkenal dengan industri kreatifnya bukan hanya pakainnya namun juga makananya yang unik dan beraneka ragam. Selain makanan dan pakaian banyak juga seniman asal sunda yang cukup terkenal di Indonesia.

4. Orang Sunda Sopan Tapi Pemberani. 
Orang Sunda memang dikenal dengan kesopanan dan keramahannya, jika kita mengunjungi derah di sekitar Priangan Selatan, dan Tengah. mungkin kita akan menemukan bahwa Sunda di sana sangat halus, begitu juga orang-orangnya yang ramah, mungkin agak sedikit berbeda dengan orang-orang di daerah utara perbatasan dengan Banten, atau timur yang perbatasan dengan Jawa, mereka punya karakter masing-masing. 

5. Orang Sunda Agamis. 
Keterbuakaan orang Sunda membuat Agama Islam masuk ke dalam masyarakat Sunda dengan cepat dan mudah, keterikan orang Sunda dengan Islam pun relatif lebih kuat jika dibandingkan dengan orang Jawa, meskipun tidak sekuat Bugis atau Madura. Ini juga memberikan efek pada pergerekan politik di Sunda.

6. Orang sunda memiliki kata khusus untuk kalangan tertentu.
Karena orang sunda itu soméah, maka mereka memiliki kata apa yang pantas diucapkan pada orang yang lebih tua, lebih muda, ataupun untuk dirinya sendiri, bahkan untuk hewan sekalipun. Sebagai contoh:

- Untuk orang yang lebih muda : Neng, emam heula! artinya >> Nak, makan dulu!
- Untuk orang yang lebih tua : Mangga atuh aki tuang heula! artinya >> Silahkan kakek makan dulu! 
- Untuk dirinya sendiri : Abdi nuju neda, artinya >> Saya sedang makan.

7. Kedelapan : belum dikatakan makan, jika nasi belum masuk perut.
Mungkin orang sunda sangat mengakui bahwa makanan pokok bangsa Indonesia adalah nasi. Jika pukul 10.00 mereka makan 10 surabi, lalu pukul 10.10 makan 2 singkong, dan pukul 10.20 jajan gorengan, pukul 10.25 mereka ditanya "sudah makan belum?" maka rata-rata orang sunda asli menjawab "teu acan" (belum), karena mereka belum memasukkan nasi pada perut mereka walaupun makanan lain yang masuk ke perut mereka sudah banyak.

Demikian artikel tentang 7 KEUNIKAN ORANG SUNDA semoga artikel ini dapat menambah ilmu dan wawasan bagi kalian. jangan lupa kunjungi kembali duniabombom.com untuk artikel-artikel menarik lainnya.

No comments:

Post a Comment